Wednesday, March 25, 2015

Makam Sunan Giri Gresik

Wisata Makam Sunan Giri - Gresik adalah kota yang terdapat ada di pesisir pantai. Jaman dulu gresik yaitu tempat persinggahan untuk pedagang Arab. Serta mulai di sinilah semula ajaran Islam yang ada di Islam yang dibawa dari seseorang pedagang bernama siti Fatimah binti maimun. Gresik juga dikatakan sebagai kota santri dimana penduduknya sebagian besar beragama Islam serta di kota ini ada banyak pesantren yang di bangun. Diluar itu gresik juga di kenal dengan obyek wisata religi lantaran mempunyai 5 makam wali dari wali songo. Satu diantaranya yaitu komplek wisata makam sunan GIri, Gresik. Saat ini banyak masyarakat lokal ataupun dari luar gresik berkunjung ke makam sunan gresik terlebih ketika bln. Ramadhan sampai puncaknya saat malam selawe atau 25 ramadhan.
Makam Sunan Giri Gresik

Fasilitas di Makam Sunan Giri

Di Makam Sunan Giri, Gresik ini ada tempat parkir yang disiapkan untuk parkir kendaraan pribadi ataupun untuk bus beberapa peziarah serta beberapa wisatawan yang lain dengan dikelilingi kios-kios yang jual beragam macam souvenir. Tak ketinggalan juga ada sarana penunjang yang lain seperti Masjid Giri. Makam sunan giri ini terdapat diatas bukit hingga untuk menuju ke atas kita mesti mendaki ke atas, namun disana banyak disiapkan dokar maupun ojek untuk mengantarkan beberapa pengunjung ke obyek wisata makam sunan giri. Untuk tariff dokar Rp 10. 000 sedang untuk tariff ojek satu kali jalan yaitu Rp 2000. Sesudah naik ojek atau dokar, kita masih tetap mesti naik tangga serta di selama anak tangga itu kita bisa menjumpai sangat banyak pedagang makanan serta cinderamata.

Saat kita menaiki anak tangga itu, kita akan temukan gapura bentar yang terbuat dari batu bata berhiaskan gunungan yang ada di kaki gapura serta ada parung singa yang telah rusak atau aus. Selama anak tangga terdapat beberapa pohon-pohon seperti pohon asam yang menurut masyarakat setempat adalah pohon asam yang dulunya ditanam sendiri oleh Sunan Giri pada saat masih tetap hidup. Lokasi wisata makam sunan giri, Gresik terdapat didalam cungkup dengan dihiaskan ornament-ornamen bermotifkan sulur tanaman. Pintu masuk menuju makan di buat rendah supaya beberapa pengunjung merunduk agar tak terbentur. Hal semacam ini dikerjakan dengan berniat sebagi penghormatan untuk Sunan Giri. Komplek wisata makam sunan giri, Gresik terdapat tertinggi diantara makam yang lain.

Akses Jalan ke Makam Sunan Giri

Tempat makam sunan giri, gresik ini terdapat di Desa Griri, kec kebomas, kab gresik. Untuk hingga ke tempat tak terlampau susah lantaran letaknya ada diantara perbatasan kota gresik serta Surabaya. Bila ditempuh dari kota gresik bisa memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan jarak tempuh sejauh 2 km menuju arah selatan dari kota gresik. Komplek makam ini tepatnya ada di puncak bukit giri.

No comments:

Post a Comment